Diklat Kepala Laboran SMP/Mts

DIKLAT KEPALA LABORATORIUM SMP/MTs, SMA/MA


PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
KEPALA LABORATORIUM SMP/MTs/SMA/MA
Tanggal 22 September s/d 10 November 2012


A. Latar Belakang
Laboratorium sebagai fasilitas belajar dalam Pengembangan Sistem Pendidikan Tenaga Kependidikan Abad ke 21 (SPTK-21, Depdiknas, 2002) merupakan tempat yang digunakan untuk mengaplikasikan teori keilmuan, pengujian teoritis, pembuktian uji coba, penelitian dan sebagainya serta menggunakan alat bantu yang menjadi kelengkapan dari fasilitas dengan kuantitas dan kualitas yang memadai. Laboratorium dapat berarti suatu ruangan tertutup dengan sejumlah perlengkapan, atau suatu alam terbuka dengan karakteristik natural.
Laboratorium memegang peranan penting sebagai pusat kegiatan praktikum dan penelitian mahasiswa, pembinaan, pengkajian, penelitian, pengabdian masyarakat dan pengembangan IPTEK. Pengelolaan laboratorium berkaitan dengan pengelola dan pengguna, fasilitas laboratorium (bangunan, peralatan laboratorium, bahan-bahan kimia dan sebagainya), serta aktivitas yang dilaksanakan di laboratorium membutuhkan keahlian khusus, baik yang bersifat teknis maupun managerial dalam rangka menjaga dan mengembangkan fungsi dan peranan laboratorium.
Laboratorium pada lembaga pendidikan tidak hanya turut bertanggung jawab dalam menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademis dan profesi kependidikan saja, melainkan juga harus mampu menghasilkan berbagai produk pendidikan sains. Laboratorium juga merupakan tempat untuk melahirkan gagasan-gagasan baru. Inovasi dan kreativitas hendaknya lahir dari komponen laboratorium dengan stimulus yang berasal dari lapangan. Laboratorium pendidikan harus mampu mengembangkan berbagai alternatif solusi terhadap masalah pendidikan sains.
Sampai saat ini laboratorium ideal hanya dinyatakan secara fisik dan kelengkapannya serta proporsi antara alat dengan pemakai serta kualitas alat. Sementara dalam pengelolaannya belum dinyatakan profesional. Setiap komponen alat laboratorium memiliki masa susut dan potensi kerusakan. Tanpa adanya maintenance yang baik akan mempersingkat umur dan daya guna alat. Demikian pula tanpa pengelolaan yang baik, laboratorium hanya sebatas kumpulan alat yang teratur namun tidak fungsional.
Peningkatan dan pengembangan laboratorium sebagai fungsi pengelolaan pada dasarnya bertujuan untuk lebih meningkatkan produk perguruan tinggi seperti jumlah dan kualitas lulusan, hasil penelitian, kemitraan usaha dan kepedulian terhadap masyarakat, serta kemampuannya sebagai income generating unit (Sub Direktorat Sarana Akademik, 2002).

B. Tema Diklat
Berdasarkan latar belakang diatas, kami team Himpunan Pendidik dan Penguji Seluruh Indonesia (HIPPSI) bermaksud mengadakan bekerjasama dengan Pascasarjana Universitas Negeri Semarang untuk mengadakan Pendidikan dan Pelatihan dengan tema KEPALA LABORATORIUM SEKOLAH/MADRASAH POLA 300 JAM

C. Tujuan Pelatihan
Adapun tujuan diklat ini adalah: membekali peserta dengan kemampuan dalam mengelola laboratorium sekolah, sehingga peserta diklat dapat mengelola laboratorium berkaitan dengan fungsi manajer yakni perencanaan, penataan, administrasi, pengamanan, perawatan dan pengawasan.

D. Waktu dan Tempat
Pendidikan dan Pelatihan akan dilaksanakan pada :
Waktu : 22 September sampai dengan 10 November 2012.
             (Tatap Muka Setiap hari Sabtu dan Minggu)
Tempat : Pascasarjana Universitas Negeri Semarang.
(Kampus Bendan Ngisor, Sampangan, Semarang)

E. Materi Diklat
1. Pengelolaan Laboratorium IPA
2. Pengelolaan Laboratorium IPS
3. Pengelolaan Laboratorium TIK
4. Pengelolaan Laboratorium Bahasa
5. Pengelolaan Laboratorium Matematika
6. Pengelolaan Laboratorium Olahraga
7. Pengelolaan Laboratorium Seni

F. Narasumber
  • Team Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Semarang .
G. Sasaran
Diklat Pendidikan dan Pelatihan Pengelolaan Laboratorium Sekolah ini akan diikuti oleh guru SMP dan SMA .

H. Susunan Panitia
Kelengkapan penyelenggara pendidikan dan pelatihan ditangani oleh kepanitiaan berikut ini:
SUSUNAN PANITIA
1. Pembina : Prof. Dr. Wasino, M.Hum
2. Ketua : Dra. Dwi Harti, M.Pd
3. Sekretaris : Kustiyani S.Sos, M.Pd
4. Bendahara : Dra. Warni, M.Pd

I. Penutup
Program ini merupakan panggilan jiwa anak bangsa untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Dengan Pendidikan dan Pelatihan Pengelolaan Laboratorium Sekolah Pola 300 Jam ini, kami berharap dapat menjadi salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas serta profesionalisme dalam mengelola laboratorium sekolah. Informasi lebih lanjut hubungi 081325253168/085740912423
Demikian atas perhatian dan kerjasamanya kami sampaikan terima kasih.
 
 sumber : http://www.badrus2012.blogspot.com/
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

MKRdezign

Entri yang Diunggulkan

FastStone Photo Resizer 3.1 Full

FastStone Photo Resizer 3.1 Full Sobat sedang menangani proses uploading photo dari kamera digital punya sobat yang "notabene" k...

Cari Blog Ini

_

Technology

Followers

Translate

Pengunjung

Labels

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.